Kira-kira Perlu Tidak Ya Pakai Lubrikan untuk Berhubungan Intim?

Kira-kira Perlu Tidak Ya Pakai Lubrikan untuk Berhubungan Intim?

Kendati menjadi bumbu penyedap keharmonisan dalam rumah tangga, ada banyak alasan mengapa seseorang tidak menginginkan berhubungan intim atau seks.

TERUTAMA jika sedang merasa lelah, tidak nyaman, sakit, kurang libido atau hanya merasa seks tidak menyenangkan.

Untuk menambahkan gairah dalam kehidupan seks, banyak pasangan yang membeli alat bantu seperti sex toys dan mencoba berbagai pose gaya berhubungan intim.

Lubrikan Alami pada Wanita

Sebenarnya, tanpa bantuan mainan seks seperti pelumas, lubrikan alami pada wanita sudah dihasilkan vagina dengan sendirinya. Namun, seiring bertambahnya usia, lubrikan alami pada wanita akan berkurang dan membuat miss v menjadi kering.

Wanita usia lanjut terutama yang berusia sekitar 40–50 tahun dapat mengalami menopause yang memicu penurunan estrogen dan kekeringan miss v. Untungnya, dengan lubrikan berbahan dasar air, hubungan seksual akan terasa lebih menyenangkan bagi pasangan berapa pun usianya.

Mitos yang beredar di masyarakat saat ini bahwa lubrikan hanya diperlukan jika hubungan intim mengalami masalah. Banyak wanita, tanpa memandang usia mengalami kekeringan miss v dan terlalu malu untuk mencari bantuan atau berkonsultasi dengan para ahli medis.

Sayangnya, hal ini diperparah dengan minimnya informasi tentang lubrikan bagi wanita muda. Kebanyakan orang menganggap wanita muda tidak membutuhkan lubrikan karena mereka memiliki lubrikan alami yang banyak.

Patut diingat bahwa tingkat sekresi vagina sangat bervariasi pada setiap wanita. Hal ini dipengaruhi oleh:

  • Masalah stres, kecemasan, dan hubungan dengan pasangan
  • Perubahan hormon karena kontrasepsi, kehamilan, menyusui dan menstruasi
  • Kondisi medis seperti diabetes, efek samping kemoterapi, histerektomi atau gangguan kekebalan tubuh
  • Obat-obatan – pil kontrasepsi, obat anti-depresi dan alergi
  • Produk kimia – serbuk cuci, sabun keras, semprotan feminin atau douche dan parfum roll on
  • Kurang foreplay – wanita membutuhkan lebih banyak rangsangan daripada pria

Studi Tentang Lubrikan pada Wanita

Pada 2013, sebuah studi yang dilakukan terhadap 2.451 wanita berusia antara 18-68 tahun menemukan bahwa secara keseluruhan, wanita merasa positif tentang lubrikan.

Hampir 9 dari 10 wanita (90%) setuju bahwa mereka seks menjadi lebih nyaman, menyenangkan dan lebih baik saat menggunakan lubrikan.

Lubrikan juga bisa membuat seks terasa menyenangkan bagi pria. Memiliki Mr.P yang dilumasi dengan baik tidak hanya meningkatkan kenikmatan tetapi juga mencegah kerusakan atau abrasi pada jaringan halus miss v dan Mr.P.

Ini juga dapat membantu membuat durasi hubungan seksual yang lebih lama karena terasa nyaman.

Pria yang berusia lanjut juga menghadapi tantangan karena kadang sulit untuk ereksi dan kurang gairah. Tentunya, seseorang membutuhkan gairah atau libido agar bisa mempertahankan ereksi.

Memakai lubrikan,dapat meningkatkan kesenangan dan membantu membuat ereksi bertahan lebih lama.

Dengan menggunakan lubrikan saat foreplay atau ketika Anda tidak dapat melakukan hubungan seks penetratif, Anda dapat meningkatkan kesenangan dan meningkatkan libido.

Lubrikan Apa yang Harus Anda Gunakan?

Para ahli selalu merekomendasikan penggunaan lubrikan seksual dengan mainan seks.

Tidak sedikit pasangan yang memakai lubrikan dari berbagai bahan yang mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari seperti krim tangan, minyak sayur, baby oil, petroleum jelly (Vaseline) dan air liur. Padahal, bahan-bahan tersebut tidak dirancang untuk lubrikan seksual.

Jadi, Anda perlu mempertimbangkan jenis lubrikan yang dirancang khusus untuk berhubungan intim.

Lubrikan Berbahan Dasar Air

Lubrikan berbasis air adalah pelumas yang paling serbaguna dari semua jenis lubrikan. Selain aman untuk berhubungan intim, lubrikan berbahan dasar air juga bisa dipakai untuk mainan seks dari silikon.

Lubrikan ini adalah pilihan pelumas yang paling populer, tidak mahal, tidak meninggalkan noda dan tidk berbahaya jika tertelan dalam jumlah kecil saat berhubungan seks oral. Mereka juga aman digunakan dengan kondom dan diafragma lateks.

Durex Play Massage 2-In-1 Bottle Lubricant – 200 mL, Rp.72,900; Beli Di Sini

Banyak wanita menyukai lubrikan berbahan dasar air karena merasa lebih seperti lubrikan alami pada wanita/ miss v. Tak hanya itu, lubrikan berbasis air juga mudah diserap ke dalam jaringan miss v, membantu mencegah rasa nyeri saat berhubungan intim.

Satu lagi, lubrikan berbahan dasar air juga memiliki manfaat tambahan yaitu sangat mudah dibersihkan setelah digunakan.

Efeknya, menjadikan kulit Anda bersih, halus seperti sutra dan bebas dari residu apa pun. Jika lubrikan ini mengering, Anda dapat menambahkan sedikit lebih banyak atau mengaktifkannya kembali dengan air. Praktis, bukan?

Lubrikan Berbasis Minyak

Pelumas berbahan dasar minyak memberikan pengalaman hebat yang tahan lama dan lebih lembut saat berhubungan seks.

Astroglide Diamond Sillicone Gel – 85 g, Rp.290,400; Beli Di Sini

Pelumas ini bagus untuk digunakan ketika masturbasi, tetapi perlu diingat bahwa mereka tidak aman untuk digunakan dengan kontrasepsi lateks.

Lubrikan berbasis air dan lubrikan berbasis minyak dapat digunakan bersamaan saat bermain seksual.

Lubrikan Berbahan Dasar Silikon

Pelumas berbasis dasar silikon bisa bertahan lama. Bayangkan, bagaimana rasanya bisa bersenang-senang dengan pasangan di dalam air dan aman untuk digunakan bersamaan dengan kondom lateks? Tentu sangat menyenangkan, bukan?

Vivo Lubricant Uranus – 60 gr, Rp.80,000; Beli Di Sini

Sayangnya, jenis lubrikan silikon tidak cocok untuk digunakan pada mainan seks silikon karena dapat merusak permukaan mainan silikon.

Pelumas berbahan dasar silikon tidak mengandung bahan pengawet, aman secara dermatologis, dan pelembab.

Manfaat Lubrikan untuk Berhubungan Intim

Beberapa produk lubrikan dikemas dalam bentuk tabung dan aplikator yang mudah diterapkan tepat pada area yang diinginkan. Semprotkan sedikit di tangan lalu gosok-gosokkan dengan kedua telapak tangan hingga terasa hangat. Kemudian, baru dioleskan langsung ke alat kelamin. Berikut adalah manfaat lubrikan saat berhubungan intim yang bisa Anda buktikan malam ini.

1. Lebih mudah meraih orgasme

Menurut penelitian dari Pusat Kesehatan Seksual Universitas Indiana menetapkan bahwa lubrikan dapat membuat 50% lebih mudah orgasme bagi pria dan wanita.

2. Mencegah robekan membran

Dalam sebuah wawancara dengan Marie Claire, penasihat seks dan penulis She Comes First, Ian Kerner mengatakan bahwa lubrikan dapat mencegah robeknya selaput dara yang terasa sangat menyakitkan bagi pengantin baru. Anda dapat menggunakan lubrikan untuk membuat malam pertama terasa jadi lebih menyenangkan dan bebas rasa sakit.

3. Mencegah IMS

Menurut laman Healthline, Infeksi Menular Seksual juga dapat dicegah dengan pemakaian lubrikan. Hal ini disebabkan karena lubrikan dapat melindungi kelamin Anda dari robekan selaput atau membran yang mengurangi risiko infeksi menular seksual.

4. Membuat seks lebih nyaman

Jika lubrikan alami pada wanita tidak dihasilkan sesuai kadar yang dibutuhkan, lebih baik gunakan lubrikan. Kehidupan seks Anda akan jauh lebih indah dan nyaman.

5. Membuat Anda siap lebih cepat

Dengan menggunakan lubrikan, Anda siap untuk berhubungan intim jauh lebih cepat daripada yang seharusnya ketika tubuh Anda menyediakan lubrikan alami. Jika Anda memiliki masalah kekeringan pada miss v, pelumas adalah jawabannya.

6. Pengalaman berbeda

Tak bisa disangkal, pengalaman seks dengan memakai lubrikan akan menjadi pengalaman yang lebih menyenangkan dan sensasi berbeda.

Jadi, tak perlu ragu, ambil produk lubrikan favorit Anda, dan bersiap untuk bersenang-senang dengan si dia malam ini.